Fungsi Dari Domain XYZ

Fungsi Dari Domain XYZ

redspiral.net Seperti ‘.com’ atau ‘.co’ ,’xyz’ adalah salah satu dari bagian dari nama dari domain,kira kira apa bedanya dan apa spesialnya? Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Fungsi Dari Domain XYZ. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Fungsi Dari Domain XYZ

Apa Hubungan Website dengan Domain?
Website dengan domain adalah hal yang hampir tak dapat terpisahkan. Kamu bisa membaca penjelasannya dari sini. Singkatnya, website adalah sebuah alamat IP yang berisi informasi berupa tulisan, gambar, video, atau audio dalam bentuk halaman web. Mengingat alamat IP terdiri dari banyak angka biner, kita membutuhkan “topeng” untuk menggantikan alamat tersebut, inilah yang disebut dengan domain.

Agar dapat mengganti alamat IP, kamu bisa mendaftarkan nama domain yang nantinya akan menjadi alamat website kamu. Pendaftaran nama domain biasanya dilakukan melalui layanan cloud hosting. Jika sebuah nama domain sudah digunakan oleh website tertentu, maka kamu tidak dapat menggunakan nama domain tersebut. Oleh karena itu, kamu butuh nama dan ekstensi yang unik agar bisa menciptakan alamat website yang ringkas dan unik agar mudah diingat.

Apakah Saya Membutuhkan Website?
Ini adalah jawaban dari pertanyaan di paragraf kedua. Ya, tentu kamu membutuhkan website. Ada berbagai fungsi yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan website sebagai media berkomunikasi dengan audiensmu di internet. Audiens di sini belum tentu mereka yang hanya mengalami komunikasi searah denganmu, tapi bisa juga mereka yang mengecek website-mu untuk tujuan penilaian, seperti guru, dosen, atau HRD.

Sebagai marketer, kamu memerlukan website untuk melakukan promosi atau menjalankan campaign perusahaan. Tak berbeda jauh, kamu juga perlu website jika ingin membangun awareness atau meningkatkan leads dari klien agensi periklanan yang kamu urus. Baik pemula di dunia bisnis atau pemilik bisnis startup, kamu juga tetap membutuhkan website untuk membangun profil brand hingga dapat meningkatkan brand awareness di mata target sasaran. Begitu pula freelancer atau mahasiswa yang tidak terikat oleh suatu perusahaan, kamu memerlukan website untuk menciptakan persona di internet sehingga dapat memudahkanmu ketika mencari kerja dengan memajang hasil karya milikmu yang bisa menjadi portfolio, akan lebih baik lagi kalau website-mu bisa didapat dengan menggunakan promo domain dan hosting.

Struktur Domain
Setelah memahami bahwa hampir setiap jenis profesi membutuhkan website, kini kamu bisa mulai mempelajari bagaimana domain dibentuk, setelah itu kita akan membahas mengenai promo domain .Terdiri dari tiga bagian, domain merupakan gabungan dari Top-Level Domain (TLD), Second-Level Domain (SLD), dan Third-Level Domain (3LD). Sebelum menemukan promo domain, pelajari dulu struktur domain berikut.

Top-Level Domain merupakan ekstensi yang terletak di akhir nama domain. Setidaknya, ada dua jenis TLD yang sering kita temui di internet, yaitu generic TLD (gTLD), salah satu TLD umum yang sudah digunakan oleh banyak website di seluruh dunia, seperti .com, .org, .gov, .edu, .net, dsb.. Jenis TLD lainnya adalah country code TLD (ccTLD) atau TLD yang sering dipakai untuk mendeskripsikan dari mana website tersebut berasal, misalnya .co.id untuk ekstensi domain website yang berasal dari Indonesia.

Second-Level Domain alias SLD merupakan nama domain yang terletak di depan ekstensi domain atau TLD. Mengingat penggunaan ekstensi gTLD sudah merajalela, sepertinya kamu akan kesulitan menemukan nama yang singkat dan unik untuk website-mu. Tapi tenang saja, ekstensi domain .XYZ menawarkan nama premium yang bisa kamu gunakan untuk membuat nama website unik tanpa perlu menggunakan SLD yang panjang. Ditambah lagi, domain .XYZ masih melangsungkan promo domain hingga Januari 2020, tunggu informasi selengkapnya setelah ini, ya!

Meski struktur yang satu ini dijelaskan di akhir, tapi letaknya berada di awal nama domain, lho! Yap, Third-Level Domain (3LD) acap kali disebut dengan “subdomain” atau awalan nama sebuah domain. Subdomain berfungsi untuk menunjukkan alamat sebuah halaman pada website. Sama halnya seperti menunjukkan sebuah daerah yang lebih detail, subdomain bisa digunakan untuk menuju ke halaman tertentu, seperti formulir pendaftaran, halaman blog, atau halaman mobile untuk website yang lebih ramah ponsel. Contohnya, “blog.namadomainsaya.xyz” untuk mengunjungi halaman blog dari website-mu yang menggunakan ekstensi domain .XYZ atau register.namadomainsaya.xyz untuk mengunjungi halaman pendaftaran dari namadomainsaya.xyz.

Baca Juga :Yuk Kenal Lebih Dekat Dengan Hosting

Top-Level Domain .XYZ
Jika kamu sering melihat ekstensi .com sering digunakan sebagai website bisnis ketimbang untuk organisasi, berbeda dengan domain .XYZ yang bisa diterapkan oleh segala jenis nama domain. Contoh lainnya adalah .org yang hingga saat ini sering digunakan untuk menamai website organisasi. Tapi dengan menggunakan domain .XYZ, kamu bisa menggunakan nama unik untuk keduanya; bisnis maupun organisasi.

Ekstensi unik yang dibuat pada Juni 2014 ini dikembangkan oleh Daniel Negari di Amerika Serikat. Ekstensi domain .XYZ yang merupakan akhiran dari susunan alfabet dibuat dengan tujuan agar setiap orang dapat lebih mudah mengingat akhiran domain berekstensi .XYZ cukup dengan mengingat tiga huruf terakhir dari susunan alfabet. Selain itu, ekstensi domain .XYZ juga mewakili ketiga generasi yang lahir mulai tahun 1960an hingga 2000an.

Sebelum menentukan apakah domain .XYZ penting untukmu hingga kamu perlu menggunakan promo domain, berikut ini ada beberapa faktor yang bisa kamu pahami terlebih dulu.

Nama domain yang mudah diingat
Mengingat penggunaan nama domain .XYZ masih terbilang sedikit, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendaftarkan nama domain unik sesuai keinginanmu. Ditambah lagi, jika nama domain pilihanmu diakhiri dengan ekstensi yang unik, para pengunjung bisa mengingatnya dengan mudah!

Sudah terindeks Google
Di awal kemunculannya, jika kamu mencoba membuka website dengan ekstensi domain .XYZ, kamu akan dialihkan ke halaman pencarian Google. Berbeda dengan sekarang, di mana kamu bisa segera mengakses halaman website berekstensi domain .XYZ ketika mengetikannya di mesin pencari Google.

Masih agak asing
Meski dengan penggunaan nama domain yang sedikit kamu bisa mendaftarkan nama domain premium, tapi kamu juga harus menerima fakta bahwa domain .XYZ belum seterkenal gTLD, alias masih asing di telinga orang awam. Tapi, jangan jadikan ini sebagai hambatan ya, dare to be creative and unique!